Produk budidaya ternak unggas petelur dan pengemasannya

Halo sahabat di seluruh pelosok negri, bertemu kembali dengan kita yang pada hari yang cerah ini kita ingin membagikan tulisan mengenai Produk budidaya ternak unggas petelur dan pengemasannya untuk anda sekalian yang sedang membutuhkannya untuk berbagai keperluan

Apa itu budidaya ternak ? Pengertian budidaya ternak biasa didefinisikan dari beberapa bidang. Dari bidang bisnis maka pengertian budidaya ternak adalah bisnis atau usaha yang bergerak dalam memelihara dan atau memproduksi hewan-hewan ternak. Budidaya menurut bahasa peternakan dapat diartikan sebagai sektor produksi hewan ternak. Ada juga sebagian orang mengartikan budaya ini sebagai pengembangbiakan, padahal sekedar penggemukan atau pengasuhan saja juga bisa disebut sebagai budidaya ternak.

 Produk budidaya ternak unggas petelur dan pengemasannya


Budidaya ternak unggas petelur
Budidaya ternak unggas petelur adalah bisnis atau usaha yang bergerak dalam memelihara dan atau memproduksi hewan-hewan ternak unggas petelur. Sebelum membudidaya ternak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan terlebih dahulu. Hal-hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

a. Sarana kandang
Penyiapan kandang budidaya ternak harus menjadi syarat utama. Kandang bebek harus dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan ternaknya. Demi mencapai hasil yang maksimal dalam berternak ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kandang yaitu sebagai berikut.
  • Kondisi kandang dan perlengkapannya.
kandang tidak harus dibuat dari bahan yang harganya mahal. Yang terpenting bahan yang digunakan untuk membuat kandang tersebut kuat dan dapat tahan lama. Bahan kandang bisa terbuat dari kerangka kayu atau bambu, atap terbuat dari genteng dan lantainya dari pasir atau kapur. Perlengkapan yang harus ada di kandang yaitu harus menyiapkan tempat makan dan minum yang paling utama.
  • Penerangan kandang.
kandang harus diberi penerangan untuk memudahkan anda jika ingin memberi makan atau minum. Selain itu, juga untuk memudahkan pengaturan kandang agar tata kandang sesuai dengan fungsi bagian-bagian kandang.
  • Temperatur dan kelembaban.
kandang juga harus diatur temperatur dan kelembabannya agar hewan ternak merasa nyaman berada dikandang.

b. Bibit yang unggul 
Pembibitan dalam budidaya ternak memgang peranan yang sangat penting. Anda harus pintar dalam memilih bibit yang unggul untuk diplihara. Bibit yang unggul dapat anda peroleh dengan cara sebagai berikut.
  • Membeli telur tetas dari induk yang telah dijamin keunggulannya.
  • Memelihara sendiri induk yang berkualitas.
  • Membeli DOD (Day Old Duck) dari pembibit yang sudah dikenal mutunya maupu yang telah direkomendasikan oleh dinas peternakan setempat.

c. Pemeliharaan
Pemeliharaan dalam budidaya ternak membutuhkan ketelitian dan ketelatenan. Hal yang harus kita plihara disini bukan hanya unggasnya saja tetapi juga kandangnya. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam usaha ini antaralain sebagai berikut.
  • Sanitasi dan tindakan preventif

Sanitasi kandang dan tindakan preventif dalam hal ini lebih mengarah pada masalah pencegahan penyakit wajib untuk diperhatikan dalam pemeliharaan bebek sejak dini mengantisipasi timbulnya penyakit pada bebek.
  • Pengecekan kondisi kesehatan hewan ternak.
  • Pemberian pakan

Pemberian pakan harus diberikan secara rutin. Jenis pakan yang diberikan harus sesuain dengan jenis hewan ternaknya.
  • Pemeliharaan kandang

Kandang harus selalu dijaga kebersihannya agar daya produksi hewan ternak tidak terpengaruh dari kondisi kandang yang ada.

d. Pemanenan
Hasil utama dari budidaya ternak unggas petelur adalah berupa telur yang dihasilkan oleh unggas petelur tersebut. Telur yang telah dihasilkan diambil dan diletakan diatas egg tray (nampan telur). Hasil tambahan yang dapat dinikmati dari budidaya ternak unggas petelur adalah daging dari unggas yang telah tua (afkir) dan kotoran yang dapat dijual untuk dijadikan pupuk kandang.

e. Pemasaran
Untuk pemasran bisa dijamin bahwa anda tidak akn kekurangan penadah/pengumpul. Karena selama ini kebutuhan telur yang sangat tinggi tidak diimbangi dengan hasil produksi yang meningkat. Selain melalui penadah, juga bisa langsung menjualnya ke pasar, kerumah makan, dan rumah-rumah penduduk.

Dikarenakan jari ini sudah lelah untuk mengetik , maka artikel tentang Produk budidaya ternak unggas petelur dan pengemasannya dicukupkan sampai disini dulu, dan kami kira ulasan tersebut sudah lebih dari cukup , karena meskipun terkesan simple tapi kontennya cukup lengkap. Semoga bermanfaat
,

Subscribe to receive free email updates: