Memaksimalkan
Marketing Mordern dengan Cara Lama
Di era ‘ledakan’ teknologi seperti saat ini, nampaknya
sudah tak ada lagi kesulitan dalam menemukan informasi yang kita butuhkan. Kita
seakan dapat mengetahui apapun dalam waktu yang sangat singkat. Dunia terlihat
tak memiliki batas, semua tersambung menjadi satu. Fenomena ini ternyata juga
berdampak pada dunia marketing. Bahkan marketing adalah salah satu aspek yang
paling progresif di samping berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan.
Ibarat sebuah senapan, marketing di masa sekarang menjadi lebih presisi dan
lebih ‘mematikan’. Dengan cara yang tepat, jangkauan marketing modern juga
semakin luas. Apakah ini artinya marketing cara lama menjadi tidak efektif
lagi?
Meskipun tidak bisa ditampik bahwa marketing dengan
teknologi masa kini berdampak jauh lebih masif dan efektif, bukan berarti
marketing dengan cara lama mati begitu sama. Bahkan bukan tidak mungkin, kita
bisa memaksimalkan marketing modern dengan menjalankan marketing era lama. Apa
bisa? Mari kita buktikan. Pertama-tama, kita sepakati terlebih dahulu, apa
bentuk nyata dari cara marketing era lama itu? Dengan banner, brosur, atau kartu nama? Kita pilih brosur saja. kemudian,
produk apa yang akan kita jual? Nah, ini menjadi penting. Kita harus menemukan
produk yang pas bila dijual dengan menyebarkan brosur. Bagaimana kalau
apartemen? Baik, mari kita mulai menjalankannya.
Sebelum membuat brosur, ada baiknya kita menyiapkan
marketing cara barunya terlebih dahulu, yakni dengan menggunakan website. Tentu saja pertimbangannya
adalah trust. Menjual apartemen lebih
cocok dengan website, bukan dengan
sosial media seperti instagram. Pastikan informasi produk tertera lengkap di
dalam website tersebut. Setelah itu,
barulah kita membuat brosur dengan menyertakan alamat website tersebut. Kemudian kita akan menyebarkannya di lampu merah.
Ya, di perempatan jalan raya saat lampu merah saja! Namun harus diingat, kita
hanya memberikannya kepada kendaraan roda 4. Lebih bagus lagi roda 4 yang
terkesan kalangan menengah dan kalangan atas. Karena mereka melihat alamat website kita, mereka yang tertarik akan
mencari informasi lebih lanjut dengan mengunjungi halaman online tersebut. Nah,
pada fase ini, marketing cara baru atau online sudah berjalan.
Saat marketing dengan
cara baru ini sedang berjalan, kita seakan sedang menjelaskan kepada banyak
calon pembeli dalam waktu yang bersamaan dalam 24 jam non stop! Bahkan mereka
dapat kembali ke pusat informasi kapanpun mereka suka. Efektif bukan? Ini
adalah salah satu kelebihan marketing cara baru dengan menggunakan website. Dan pada akhirnya, orang-orang
yang menghubungi Anda nantinya adalah mereka yang sudah teredukasi. Sehingga,
kemungkinan untuk terjadi closing
akan lebih besar. Tertarik untuk menggunakan teknik ini? Apabila iya, jangan
meleset pada 2 hal. Apakah 2 hal tersebut? Yang pertama adalah produk. Ingat,
tak semua produk cocok untuk dijual dengan cara lama. Yang kedua adalah target
penerima brosur atau kartu nama atau apapun teknik marketing lama yang Anda
akan jalankan. Semoga beruntung