Siasat Mendongkrak Efektivitas Marketing

Siasat Mendongkrak Efektivitas Marketing
Dalam dunia online marketing dan advertising, ada yang dinamakan dengan organic reach dan paid reach. Untuk menjangkau lebih banyak reach atau jangkauan, sebagai seorang pebisnis sangat disarankan untuk menggunakan paid reach yakni dengan beriklan. Kenapa tidak dengan paid promote? Alasannya 1, karena dengan beriklan dengan media tersebut, entah itu facebook atau google, maka kita akan mendapat data. Data ini dapat kita gunakan sebagai tolok ukur kebehasilan iklan tersebut. Dengan data juga kita bisa membuat keputusan untuk iklan selanjutnya. Namun sayangnya, tak semua iklan berjalan dengan baik. Iklan tersebut justru mirip api yang melahap uang kita. Tapi bagaimna jika iklan tersebut disisipi dengan beberapa trik ini? Mari kita coba.

Jargon apa yang sangat identik dengan penjualan properti? Kalau saya, “Besok Harga Naik”. Siasat marketing jenis ini masuk dalam kategori scaresity yang membuat calon pembeli berfikir dua kali bila mereka tak mengambil penawaran Anda sekarang juga. Siasat ini memang sangat cocok untuk produk atau penawaran yang sifatnya terbatas tentu dengan kualitas. Produk yang tak memiliki kualitas atau value yang kuat tak akan cukup membuat orang takut untuk tidak memilikinya. Selain itu, teknik ini dapat Anda gunakan pada saat launching produk. Tertarik dengan siasat yang pertama? Sembari Anda menimbang-nimbang, kita lanjut yang ke-2.

Dunia marketing dan periklanan sudah tidak asing lagi dengan teknik voucher rombongan. Teknik ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki bisnis offline seperti rumah makan atau kafe. Dengan siasat ini, Anda seakan memaksa konsumen untuk datang beramai-ramai karena dengan demikian mereka akan mendapat potongan harga atau penawaran khusus lainnya. Masih ingatkah Anda tentang kesan yang diciptakan dari ‘keramaian’? Betul, yakni tentang asumsi bahwa ramai terkesan dengan kualitas atau enak untuk konteks rumah makan. Nah, ketika sedang ramai-ramainya, Anda bisa mendokumentasikan momen tersebut untuk kemudian dijadikan bahan posting di akun sosial media atau blog Anda. Dengan demikian, efeknya akan terasa lebih ‘abadi’. Anda bisa bercerita kapan saja tentang keramaian yang ada di bisnis Anda.


Siasat yang terakhir di tulisan ini adalah dengan membuat produk berseri. Teknik ini akan berjalan dengan sangat baik bila produk Anda memiliki versi atau edisi atau produk yang sifatnya bersambung dengan produk baru yang akan datang. Kuncinya ada pada menciptakan rasa penasaran pada benak konsumen terhadap produk Anda. Seperti itu jugalah teknik Marvel mempromosikan film-film mereka. Di akhir setiap film, Marvel selalu menampilkan after credit yang berhubungan dengan film yang akan rilis selanjutnya sekalipun film tersebut berbeda judul, berbeda tokoh, dan berbeda cerita. Teknik marketing ini sukses membuat setia penonton film Marvel. Luar biasa bukan?
,

Subscribe to receive free email updates: