Produk karya rekayasa elektronika dan pengemasannya 2020

Dalam era globalisasi dan pengembangan teknologi yang begitu pesat, berkembang pula berbagai macam karya elektronika praktis. Hal itu banyak membuat produsen-produsen elektronk berpikir keras untuk dapat menciptakan terobosan-terobosan baru dalam hal elektronik. Salah satunya dengan mulai ramainya kemunculan berbagai macam karya elektronik praktis. Misalnya running LED, mulai dari ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan hingga warna yang dapat disesuaikan dengan keinginan, bahkan sudah banyak bermunculan running LED yang menawarkan produk full color.

Produk karya rekayasa elektronika dan pengemasannya

Produk karya rekayasa elektronika dan pengemasannya


1. Karya rekayasa elektronika praktis
Rekayasa elektronika adalah teknik yang berhubungan dengan berbagai material dalam berbagai konfigurasi atau struktur yang dapat mengatur aliran arus listrik. Dalam teknik elektronika dikenal dan digunakan berbagai komponen seperti dioda, transistor, dan sirkuit terpadu untuk membangun perangkat keras. Hasil dari teknik elektronika digunakan secara langsung oleh bidang lain seperti teknik komputer dan teknik telekomunikasi dengan sirkuit terintegrasi sebagai salah satu kemajuan terbesar yang paling dimanfaatkan. Sedangkan karya rekayasa elektronika praktis berarti karya teknik yang berhubungan dengan berbagai material sederhana yang dapat mengatur aliran arus listrik. Karya rekayasa elektronika peraktis ini mudah dipelajari dan dibuat, bahan dan alat yang digunakan sederhana, mudah diperoleh, dan murah.

2. Aneka jenis produk karya rekayasa elektronika praktis dan manfaatnya
Banyak produk yang dihasilkan dari rekayasa elektronika praktis ini, diantaranya sebagai berikut.

a. Lampu berjalan otomatis (running LED)
Running LED (lampu berjalan) merupakan susunan led yang terhubung secara metrik membentuk suatu modul memanjang dengan jumlah led terpadu antara kolom dan barisnya. Pada running led ini menggunakan Board ErulDuino dengan IC Atmega328 sebagai piranti mikro kontrolernya.

Produk running led
Gambar. Produk running led

Manfaat menggunakan lampu yang bergerak tentunya akan menambah semaraknya suasana dirumah atau dapat pula memberi kesan kreatif yang digunakan untuk menghias rumah, bisa juga digunakan ditempat-tempat umum, contohnya di alun-alun, tempat wisata dan pinggir jalan. Lampu bergerak otomatis dapat dirangkai pada beberapa produk misalnya, papan nama, nomer rumah, papan pemberitahuan dan lain sebagainya.

b. Alarm
Alarm adalah tanda ataupun isyarat terhadap bahaya yang akan datang dan mengancam, alarm bisa berupa suara atau lampu, sistem alrm sepeda motor ini sendiri cukup mudah dan simpel, anda hanya perlu mematikan arusdari CDI, otomatis mesin tidak dapat hidup, sedangkan konci konyak dihubungkan kearah klakson yang akan membuat klakson akan langsung berbunyi ketika terjadi upaya proses pencurian terhadap motor anda.

c. Lampu baca  otomatis
Lampu baca otomatis adalah rangkaian aplikasi elektronika dimana rangkaian ini bisa menghasilkan  eneri cahaya seperti halnya lampu pijar sebagai penerang ruangan atau kamar. Rangkaian lampu baca otomatis ini akan menyalakan sebuah lampu atau alat lain untuk waktu tertentu (misalnya 30 menit) dan kemudian mematikanya,. Hal ini sangat berguna ketika anda membaca ditempat tidur pada malam hari. Rangkaian ini akan mematikan lampu samping di tempat tidur anda secara otomatis setelah pembaca tertidur.

3. Teknik pengemasan hasil karya rekayasa elektronika praktis
Pengemasan merupakan tahapan terakhir dalam proses rekayasa elektronik praktis sebelum dipasarkan. Pengemasan yang baik tentunya harus dapat memenuhi harapan konsumen. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengemasan mampu memenuhi harapan konsumen sebagai berikut.
  • Kemasan harus dapat melindungi produk dengan baik, mudah dibuka dan mudah ditutup serta mudah dibawa.
  • Bentuk dan ukuran menarik serta sesuai bentuk produk.
  • Labeling harus jelas dan komplit.
  • Bahan kemasan harus ramah lingkungan.


4. Peluang usaha dan pengembangan ide peluang usaha alat elektronika praktis
Sekarang ini, kecanggihan teknlogi yang diiringi dengan kepiawaian manusi dalam menciptakan barang baru tidak lepas dari kebutuhan manusia yang kian hari semakin meningkat. Begitupun dengan karya elektronika praktis, dimana banyak orang yang mulai menciptakan karya-karya baru untuk dijual maupun untuk hiasa rumah sendiri. Karya rekayasa elektronika praktis yang paling populer sekarang ini adalah running led (lampu berjalan otomatis). Awal mula running led hanya digunakan untuk menampilkan lampu berjalan. DEngan kemajuan teknologi sekarang dapat ditemukan running led yang berbentuk text (tulisan) dalam bentuk tulisan yang sudah dikombinasikan untuk menampilkan logo atau gambar, bahkan mode penggerakan tulisannya pun semakin bervariasi. Led running text ini memiliki fasilitas komunikasi secara seri yang mampu menampilkan pesan ataupun tulisan bergerak dan berjalan yang dapat dirubah melalui pc  laptop dan juga remot. Bukan hanya itu running text memiliki fasilitas untuk mengatur waktu yang menggunakan real team clock (RTC) sehingga dapat menampilkan detik, menit, jam hari, tanggal  dan tahun.

Jika anda lebih kreatif, dengan penemuan yang sudah ada, anda bisa menciptakan perangkat-perangkat tersebut lebih inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan. Anda juga bisa mengeksplorisasi kreativitas berfikir dan berkarya dengan biaya yang lebih murah. Bahkan, justru bisa menjadi lapangan pekerjaan yang mendatangkan penghasilan lumayan. Dengan demikian, karya elektronik praktis mampu membuka peluang usaha yang cukup menjanjikan. Karena dari hari kehari permintaan karya elektronik semakin diminati sejalan dengan makin banyaknya toko, taman dan bangunan lainnya. Bahkan karya elektronik praktis juga bisa digunakan untuk hiasan rumah maupun pada kendaraan sebagai alat pengaman dari pencurian. Karya yang dikerjakan dapat dikomersilkan dengan harga jual yang tinggi.

5. Menganalisis keberhasilan dan kegagalan peluang usaha
Dalam mengawali usaha perlu adanya analisis terhadap keberhasilan yang akan dicapai maupun kegagalan yang akan dirasakan. Sehingga, jika mengalami kegagalan dapat diminimalisir atau dilakukan pencegahan.

a. Menganalisis keberhasilan dan kegagalan peluang usaha
Keberhasilan seorang wirausaha dalam menjalankan karya elektronik praktis dapat didefinisikan sebagai berikut.
  • Memiliki kreatifitas dan keterampilan dalam berkarya.
  • Keyakinan yang kuat dalam berusaha.
  • Sikap mental yang positif dalam berusaha.
  • Percaya diri dan keyakinan pada diri sendiri.
  • Tingkahlaku yang dapat dipertanggungjawabkan.
  • Inovatif dan kreatif.
  • Sasaran yang tepat dan menantang dalam berusaha.
  • Pengelolaan waktu yang efektif dan efisien.
  • Pengembangan diri.

Adapun hal-hal yang dapat menyebabkan kegagalan usaha adalah sebagai berikut.
  • Kurang komunikatif dalam memasarkan produk karyanya.
  • Tidak ada tujuan tertentu dalam usaha.
  • Kurang berambisi.
  • Pengetahuan yang tidak cukup.
  • Sikap selalu menunda-nunda.
  • Kurang tekun.
  • Keperibadian yang negatif.
  • Tidak dapat berkerjasama dengan orang lain.

b. Pemetaan peluang usaha
Pemetaan peluang usaha dilakukan untuk menemukan peluang usaha dan potensi yang bisa dimanfaatkan serta untuk mengetahui sebarapa besar potensi usaha yang ada dan berapa lama suatu usaha dapat bertahan. Ancaman dan peluang akan selalu ada dari suatu usaha oleh sebab itu penting untuk melihat dan memantau perubahan lingkunagan yang terjadi dan kemampuan dalam beradaptasi dari suatu usaha agar bisa tumbuh dan bertahan dalam ketatnya persaingan.

Seorang wirausaha dituntut untuk selalu melakukan peningkatan terhadap karyanya. Selalu melakukan inovasi dan menciptakan kreasi baru agar tidak kalah saing dan mampu menguasai pasar. Dalam menciptakan inovasi karya baru perlu adanya pengalaman terhadap lingkungan. Sehingga tau apa yang sekarang paling dibutuhkan dilingkungan sebagai alat pemenuh kebutuhan.

,

Subscribe to receive free email updates: