Produk dan fungsi kerajinan dari bahan lunak Terbaru 2020

Produk kerajinan lebih banyak memanfaatkan bahan-bahan alam seperti tanah liat,serat alam, kayu, bambu, kulit, logam, batu, dan rotan. Ada juga yang memanfaatkan bahan sintetis sebagai bahan kerajinan seperti limbah kertas, plastik, dan karet. Pembuatan produk kerajinan disetiap daerah memiliki jenis kerajinan lokal yang menjadi unggulan daerah. Misalnya, kasongan (daerah istimewa Yogyakarta). Sumber alam yang banyak tersedia adalah tanah liat, maka kerajinan yang berkembang adalah kerajinan keramik. Kapuas (kalimantan tengah) sumber daya alamnya banyak menghasilkan rotan dan getah nyatu sehingga kerajinan yang berkembang adalah anyaman rotan dan getah nyatu.
Secara umum, jenis bahan dasar produk kerajinan dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu dari bahan lunak dan bahan keras. Beberapa kerajinan bahan lunak serta pengemasannya akan diuraikan secara singkat pada penjelasan berikut.

Produk dan fungsi kerajinan dari bahan lunak

Produk dan fungsi kerajinan dari bahan lunak


1. Pengertian kerajinan dari bahan lunak

Kerajinan dari bahan lunak merupakan produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak, beberapa bahan lunak yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan yaitu, seperti berikut.

a. Bahan lunak alami
Bahan lunak alami adalah bahan lunak yang dipergunakan dari alam sekitar dan cara pengolahannya juga secara alami tidak dicampur maupun dikombinasikan dengan bahan buatan. Contoh bahan lunak alami yang kita kenal adalah tanah liat, serat alam, dan kulit.
b. Bahan lunak buatan
Bahan lunak buatan adalah bahan untuk karya kerajinan yang diolah menjadi lunak, beragam karya kerajinan dari bahan lunak buatan dapat dibuat berdasarkan bahan yang digunakan, Bahan-bahan yang digunakan bisa berupa bubur kertas, gips, fiberglas, lilin, sabun, spons, dan sebagainya.

2. Aneka produk kerajinan dari bahan lunak

Produk kerajinan dari bahan lunak sangat beragam, mulai dari karya kerajinan yang digunakan untuk kebutuhan fungsi pakai dan karya kerajinan untuk hiasan. Berikut ini contoh produk kerajinan dari bahan lunak.

a. Kerajinan tanah liat
Kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat sering dikenal orang dengan kerajinan keramik. Kerajinan keramik adalah karya kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa (dipijat,butsir,pilin,pembakarandan glasir) sehingga menghasilkan barang atau benda pakai dan benda hias yang indah. Contohnya gerabah vas bunga, guci, piring, Berikut contoh kerajinan grabah dan kramik.

kerajinan grabah dan kramik
Gambar. kerajinan grabah dan kramik
b. Kerajinan serat alam
Bahan-bahan serat alam dapat menghasilkan kerajinan tangan yang beraneka ragam  misalnya tas, dompet, topi, alas meja, tempat lampu. Teknik pembuatan kerajinan dari serat alam ini sebagaian besar dibuat dengan cara mengantam.
c. Kerajinan kulit
Kerajinan ini menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah disamak, kulit mentah atau kulit sintetis. Contohnya tas, sepatu, wayang, dompet, dan jaket. Kulit yang dihasilkan dari hewan seperti sapi, kambing, kerbau, dan buaya dapat dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan.

Baca Juga: Produk karya rekayasa elektronika dan pengemasannya

d. Kerajinan gips
Gips merupakan bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang lama jika sudah menjadi padat. Prosesnya harus dicairkan dahulu jika ingin bentuk yang seoerti diinginkan, harus dibuat cetakan. Jika akan diproduksi dalam  jumlah banyak, harus dibuat model terlebih dahulu. Secara umum untuk semua produk gips diperlukan cetakan, bahan utama pembuatan cetakan adalah silicon rubber tetapi yang paling gampang dan mudah dicari adalah plastisin atau tanah liat. Fungsi kerajinan dari gips biasanya dapat berupa hiasan dinding, mainan, dan sebagainya.

kerajinan gips
Gambar. kerajinan gips
e. Kerajinan lilin
Pembuatan kerajinan bahan dasar lilin cukup sederhana dan mudah sehingga dapat dilakukan oleh semua orang. Jika kita akan mengubah bentuknya menjadi benda kerajinan yang unik, tentunya perlu dicairkan dengan proses pemanasan di atas api/kompor.
f. Kerajinan sabun
Kerajinan dari sabun sangat unik bahn yang diperlukan adalah sabun batangan sabun dapat dioleh dengan dua cara, pertama mengukir sabun yang menghasilkan karya seperti binatang, buah dan flora ukiran. Kedua, membentuk sabun, yaitu sabun diparut sehihingga bubuk, di campur dengan sagu dan sedikit air, lalu dibuat adonan baru seperti membuat bentuk dari plastisin.
g. Kerajinan bubur kertas
Sisa-sisa kertas dapat dimanfaatkan untuk beraneka ragam karya kerajinan salah satu alternatif pemanfaatan sisa-sisa kertas adalah dibuat bubur kertas untuk bahan berkarya kerajinan.

3. Fungsi produk kerajinan dari bahan lunak

Fungsi produk kerajinan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu fungsi karya kerajinan sebagai benda pakai dan fungsi karya kerajinan sebagai benda hias.


,

Subscribe to receive free email updates: