3 Tahap Marketing Modern untuk Memenangkan ‘Perang’ 2021

3 Tahap Marketing Modern untuk Memenangkan ‘Perang’
Marketing adalah aktivitas menjual dan menyebarluaskan produk atau jasa agak semakin banyak dikenal orang untuk tujuan mencari keuntungan. Aktivitas ini tentunya sudah ada sejak jaman dulu, yakni sejak manusia menukar sebuah barang untuk barang yang lain yang ia perlukan. Dan sejak jaman itu pula, gaya marketing selalu berubah dari masa ke masa. Termasuk pada saat ini, marketing sudah ‘disusupi’ ilmu pengetahuan dan teknologi yang membuatnya semakin powerful. Namun untuk sampai pada tahap tersebut, ada 3 hal yang patut kita perhatikan. Tiga hal ini bagaikan trisula yang dapat membantu Anda memenangkan persaingan bisnis, sekalipun itu sangat ketat.

Baik, mari kita mulai. Yang pertama yang harus kita sepakati terlebih dahulu adalah, yang dimaksud marketing modern adalah marketing dengan melibatkan internet. Tentu saja demikian karena internet adalah hasil dari ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Selain itu, internet juga menjadi simbol modernitas di era sekarang. Lantas apa tahapan pertama dari marketing modern dengan internet ini? Jawabannya adalah targeting. Internet meredupkan sinar marketing lawas dengan brosur, baliho, banner, bahkan iklan televisi sekalipun, dengan kemampuan yang begitu ampuh bernama targeting. Internet mampu membidik calon konsumen kita dengan sangat presisi. Salah satu contohnya adalah dengan facebook advertising. Mark Zuckerberg telah menyiapkan berbagai ceruk yang disebut dengan istilah ‘interest’ sebagai wakil persona dari calon konsumen yang akan Anda iklani.

Praktik targeting tentunya sudah sangat fasih dilakukan oleh para internet marketer di seluruh dunia. Mereka memiliki trick yang ampuh untuk memilih siapa saja sasaran iklan mereka. Namun sayangnya, tak semua marketer berfikir lebih cerdas dengan mengumpulkan database. Ya, inilah tahap ke-2, mengumpulkan database. Tapi tunggu dulu, database ini bukan sekadar followers di instagram atau likers di fan pages, melainkan nomor telepon dan/atau email calon pembeli Anda. Untuk membuat mereka mau memberikan sesuatu yang cukup privasi itu, kita harus bisa ‘menyogok’ mereka dengan penawaran produk yang lebih murah dari produk utama atau justru gratis.

Kemudian data tersebut dikumpulkan sebanyak mungkin. Ingat, yang Anda kumpulkan adalah mereka yang sesuai dengan target market Anda. Sehingga mereka memiliki kemungkinan untuk membeli produk atau jasa utama yang Anda tawarkan. Sampai disini, saya ucapkan selamat, Anda sudah memiliki ‘kolam ikan’ Anda sendiri. Tahap selanjutnya adalah ‘memberi makan’ (dengan kata lain mengedukasi) ikan tersebut dengan artikel atau video atau apapun itu dengan 1 kata kunci, yakni bermanfaat. Sehingga ‘ikan-ikan’ tersebut merasa nyaman dan betah berada di kolam Anda. Lantas pada suatu waktu, Anda bisa memancingnya dengan iklan jualan Anda. Yang perlu diingat adalah, pancinglah ikan tersebut saat mereka sudah teredukasi dan jangan terlalu sering memancing. Mereka pastinya hafal dan hal tersebut juga dapat membuat mereka jenuh. Itulah 3 tahapan dalam gaya marketing modern. Semakin banyak ikan Anda, maka semakin ‘mudah’ Anda memenangkan ‘peperangan’!
,

Subscribe to receive free email updates: